Mengenal fitur “Mengapa Saya Melihat Postingan Ini” di Facebook


Jakarta (ANTARA) – Platform jejaring sosial Facebook memliki fitur “Mengapa Saya Melihat Postingan Ini?” agar para penggunanya memahami apa yang mereka lihat di laman utama News Feed, atau kabar berita pada beranda.

Facebook menggunakan algoritme untuk menilai aktivitas pengguna di platform tersebut, yang akan berpengaruh terhadap apa yang mereka lihat di News Feed. Dikutip dari keterangan pers, Sabtu, ada sejumlah hal yang berkontribusi pada konten yang dilihat pengguna di Kabar Beranda.

Pengguna melihat unggahan di News Feed karena mereka berteman dengan seseorang, misalnya seorang bernama Eric. Jika Eric mengunggah sesuatu, konten itu akan muncul di Kabar Beranda.

Unggahan yang muncul di Facebook juga dapat berasal dari grup atau halaman (fan page) yang diikuti.

Kabar Beranda di Facebook juga dipengaruhi oleh interaksi pengguna dengan teman, grup atau halaman yang mereka ikuti. Misalnya, jika Anda pernah memberi “like” pada unggahan Eric.

Baca juga: Facebook akhirnya serahkan kendali data pada pengguna

Baca juga: Facebook tegaskan tak jual data pengguna

Algoritme Facebook akan menilai pada jenis postingan apa pengguna berinteraksi, apakah foto, video atau tautan.

Facebook memberikan kontrol penuh pada pengguna untuk mengatur unggahan yang masuk ke Kabar Beranda mereka, fitur ini dapat ditemukan di menu yang terletak di pojok kanan atas sebuah unggahan.

Facebook memberikan empat cara agar pengguna dapat menikmati Kabar Beranda mereka sesuai preferensi.

1. Lihat postingan

Pengguna dapat memilih teman atau halaman yang ingin dilihat di urutan teratas. Jika mereka mengunggah sesuatu, postingan tersebut akan ditampilkan di bagian atas Kabar Beranda.

2. Sembunyikan

Jika kurang menyukai sebuah unggahan dari teman, grup atau halaman, pengguna memiliki opsi untuk menyembunyikan unggahan tersebut dari Kabar Beranda.

3. Batal mengikuti (unfollow)

Pengguna dapat membatalkan mengikuti seorang teman. Jika sudah unfollow seseorang, pengguna masih berteman dengannya, namun, apa yang dia unggah tidak masuk ke Kabar Beranda.

4. Snooze

Fitur Snooze akan membisukan sementara teman, grup atau halaman yang dipilih. Setelah mengklik snooze, unggahan mereka tidak masuk ke Kabar Beranda selama waktu yang dipilih.

Baca juga: Bukan cuma foto, lindungi juga unggahan di Stories

Baca juga: Tips aman lindungi akun medsos

Baca juga: Facebook rancang aplikasi baru Threads untuk Instagram

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2019





Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *