Probiotik untuk Rongga Mulut Sehat

Probiotik punya efek menguntungkan pada kesehatan manusia. Ini karena mereka memiliki mekanisme aksi yang terkait dengan kemampuan untuk bersaing untuk situs adhesi dengan mikroorganisme yang bersifat patogen. Potensi inilah yang dimiliki probiotik yang telah menarik perhatian banyak orang. Sejauh ini, beberapa studi klinis telah dilakukan. Menurut hasil, ada saran bahwa probiotik memang sangat berguna dalam pencegahan dan pengobatan berbagai infeksi mulut. Ini termasuk halitosis, penyakit periodontal, dan karies gigi.

Manusia menelan banyak mikroorganisme yang hidup. Yang paling dominan adalah bakteri. Organisme hadir dalam makanan dan air yang kita ambil. Namun, mereka juga dapat ditambahkan dalam makanan selama periode pemrosesan. Mereka dapat ditambahkan ke susu fermentasi, yogurt, keju, dan bahkan sosis.

Untuk beberapa waktu sekarang, bakteri probiotik telah digunakan dalam makanan karena manfaat yang dimilikinya dan pengaruhnya terhadap kesehatan. Bakteri yang ditemukan dalam yoghurt serta produk susu yang difermentasi merupakan sumber probiotik yang sangat berharga. Sebagian besar probiotik menunjukkan keefektifan luar biasa, terutama dalam pengobatan infeksi dan penyakit sistematik. Ini termasuk penyakit Crohn dan diare akut.

Masih ada penelitian lain yang menunjukkan bahwa ada aplikasi potensial dalam menangani kanker, infeksi orofaringeal, infeksi urogenital, dan penyakit kardiovaskular. Beberapa probiotik juga sangat berguna dalam menangani masalah yang muncul karena penggunaan antibiotik yang berlebihan terutama ketika ada resistensi bakteri.

Karakteristik

Probiotik adalah mikroorganisme hidup. Pada prinsipnya, mereka adalah bakteri yang cukup aman untuk dikonsumsi, terutama ketika jumlah yang cukup dicerna. Mereka memiliki efek yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Ada pedoman dan standar yang diatur dalam yurisdiksi yang berbeda mengenai probiotik dan apakah mereka diterima sebagai produk yang sah yang berhubungan dengan kesehatan. Untuk menjadi probiotik, strain bakteri perlu dikarakterisasi secara lengkap. Diperlukan untuk mengidentifikasi genus serta spesies mikroorganisme tersebut dan ini harus dalam standar internasional.

Studi perlu dilakukan sehingga mekanisme tentang bagaimana bakteri bekerja sebagai probiotik dapat dibuat. Hal ini memungkinkan untuk memprediksi ruang lingkup di mana itu dapat diterapkan dan potensi efek buruk yang dapat ditimbulkannya terhadap kesehatan manusia.

Bagaimana mereka bekerja

Ada berbagai mekanisme yang dapat digunakan untuk menggambarkan bagaimana probiotik sebenarnya bertindak. Bakteri sebenarnya mengeluarkan zat yang berbeda yang bersifat antimikroba seperti bakteriosin, hidrogen peroksida, dan asam organik. Bakteri ini juga bersaing dengan patogen berbeda untuk situs, yang digunakan untuk adhesi. Probiotik juga dapat membuat modifikasi pada lingkungan di sekitarnya dengan oksidasi dan modulasi pH. Perubahan inilah yang mengkompromikan seberapa baik patogen terbentuk. Probiotik juga dapat merangsang modulasi dan imunitas respon imun seluler dan humoral.

Ketika probiotik digabungkan, mereka menambah efek menguntungkan.



Source by Shalini M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *